Tuesday, August 13, 2013

Tips Praktis Pendidikan Anak (4)

Kekompakan Ayah dan Bunda
     
Suatu saat kita (ibu, bapak, Abidah 6 tahun) akan pergi ke supermarket. Saya (Ibu)  mengatakan,  "Abidah perginya sama Bapak aja ya, soalnya baju yang akan dicuci masih banyak, jadi ibu mau nyuci baju, di rumah aja". Abidah menjawab, "Sama ibu juga, soalnya nanti kalau ada barang yang Abidah mau, kata bapak boleh, kata ibu gak boleh. kata ibu boleh, kata bapak gak boleh, jadi Abidah bingung". "Ooooo......", hanya itu yang mampu diucapkan. Rupanya selama ini Abidah memperhatikan kalau ada perbedaan pendapat diantara orangtua.
          Kekompakan orangtua perlu dibina dan dipertahankan agar tidak membuat bingung anak. Tampaknya selama ini sudah dicoba untuk kompak di depan anak, tetapi rupanya anak masih memperhatikan juga ada sisi ketidakkompakan.
         Dampak dari ketidakkompakan orangtua jelas terlihat pada percakapan di atas, anak bingung dengan pendapat orangtua. Dampak yang lain yang bisa timbul, anak dapat berlindung pada yang kira-kira pro dengan anak. Misalnya kejadian seperti ini,  terjadi pulang dari supermarket. Pulang  dari supermarket bersama Bapaknya, Tyas membawa HP baru. dengan kagetnya saya berkomentar, "Lho kok beli HP baru, gak bilang-bilang sebelumnya". Jawab Tyas, "Ya, nanti kalau bilang ibu, gak boleh beli, jadi ya bilang sama bapak aja, kalau Bapak kan boleh beli HP". mendengar itu langsung "glek,,,,,,"
          Jadi diam-diam anak itu memperhatikan adanya perbedaan pendapat antara ibu dan bapaknya.
Sebagai oragtua tidak menutup kemungkinan memang terjadi perbedaan pendapat anatara ayah dan ibu, namun perbedaan pendapat itu tidak menjadi sumber peselisihan atau adu mulut.
          Yuuukkk kita, ayah dan bunda, kompakan di depan anak  meskipun kita beda pendapat.....

No comments: