Saturday, June 7, 2008

MENAHAN KEINGINAN

Abidah (1 tahun 2 bulan) kesukaannya di depan komputer. Padahal tahu sendiri deh, anak usia segitu di depan komputer pasti deh pencet sana pencet sini...makanya boleh dipastiin itulah yang dilarang sama kita orangtua & kakak-kakaknya. Apa yang dilakukannya? ....MERENGEK...MENANGIS..
Nah kalau Ibunya sedang cuci baju, Abidah juga suka ikut-ikutan.... nah kan ini juga gak diijinkan, karena ujung-ujungnya pasti deh dia ingin main air... lalu apa yang dilakukan?....MENGGIGIT....MEMUKUL IBUNYA....
Nah satu lagi.... kalau kakaknya lagi belajar... diapun ingin ikutan....nah gak boleh lagi deh...Perilaku apa yang muncul?....Pada saat digendong tuk dijauhkan dari area kakaknya, ia akan menangis minta turun, lalu kalau dah turun ia lari lagi ke tempat kakaknya.... ia ter-OBSESI tuk kembali ke tempat yang diinginkannya.
Nah ternyata setelah diamati perilaku seperti itu masih banyak terjadi juga pada orang dewasa. Kapankah itu?
Pada saat keinginannya tidak terpenuhi, yang dilakukan orang dewasa antara lain MERENGEK, MENANGIS, MEMUKUL, MENGGIGIT (perilaku menyakiti orang lain), TEROBSESI.....
Jadi kalau orang dewasa memiliki keinginan tetapi bertingkah laku merengek, menangis, menyakiti orang lain, terobsesi memaksakan kehendak, berarti ia masih seperti anak yang berusia 1 tahun 2 bulan.
Mudah-mudahan Allah menjauhkan sikap yang seperti itu dan diberi kemampuan untuk menahan keinginan sehingga sesuai dengan kebutuhan.
Semoga.

No comments: