Monday, June 2, 2008

PENGEMBANGAN DIRI TERHAMBAT

Setiap orang pada dasarnya selalu ingin berkembang, terbukti seringkali timbul penyesalan atau malu bila mengingat masa lalu yang tidak sesuai dengan pemikiran saat ini. Misalnya "Menyesal aku kenapa gak dari dulu menerima ajakannya" ; "Malu bila mengingat dulu aku bertingkah laku seperti itu". Pengembangan diri dapat terhambat disebabkan berbagai macam konsep diri yang dimilikinya, antara lain
1. aku tidak cantik/ganteng
2. aku tidak pandai, aku tidak bisa
3. aku tidak terkenal, biasa saja
4. aku bukan orang kaya
5. aku tidak berbakat
6. aku sibuk
7. aku tidak beruntung
Adanya anggapan diri yang seperti itu meyebabkan orang sulit untuk berkembang.
Cara mengatasinya hilangkan prasaan-perasaan itu. Pecahkan anggapan yang salah itu. Setiap orang punya kekurangan dan kelebihan sendiri. Gantilah pandangan diri yang negatif itu menjadi positif. Rubahlah pandangan itu menjadi:
1. Aku cantik/ganteng. Inilah yang terbaik proporsi wajahku. Bila alisku aku rubah , maka akan menjadi aneh bagi wajahku. Aku makhluk yang terindah.
2. Aku bisa. Bila aku gagal, aku akan mencoba lagi. Aku pasti bisa dengan usaha dan latihan. Aku punya nalar dan otak untuk berpikir. Inilah modal dari Allah SWT.
3. Aku orang hebat. Aku mengerjakan sesuatu secara optimal. Aku melakukan tugasku sebaik mungkin, sampai merasa puas, tidak asal-asalan.
4. Aku orang kaya. kekayaan diukur tidak hanya dari uang, tetapi bisa diukur dengan kekayaan lain, yaitu kekayaan batin dan hati. Aku orang yang berhati bersih, aku ikhlas, aku jujur, aku memperhatikan orang lain, aku menepati janji, aku disiplin.
5. Aku memiliki banyak keahlian. Sekecil apapun yang aku miliki aku harus bangga. Aku bisa menulis, aku bisa membaca, aku bisa menyetir mobil, aku bisa memasak, aku bisa mengatur orang lain dll
6. Aku punya waktu yang banyak tuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Kesibukan manusia tidak lain hanya untuk beribadah. Jadi jangan disia-siakan waktu ini.
7. Aku selalu beruntung, semua yang diciptakan Allah tidak ada yang sia-sia, pasti ada kehendak Allah yang terbaik untukku.
Dengan konsep diri yang lebih baik maka akan membentuk percaya diri yang lebih baik pula, yaitu percaya diri yang tinggi. Semoga. (road showr radio patra Duri)

1 comment:

NanSyaf said...

Kalo lagi down, kadang Aku biasanya berpikiran seperti itu Bunda..
Thanks ya infonya..
Moga bermanfaat..