Saturday, October 20, 2012

WAKTU (5)

          Satu hal lagi yang membuat waktu terbuang adalah saat menunggu. Kata orang menunggu adalah merupakan saat yang sangat membosankan. Oleh karena tu perlu disiasati pada saat kita sedang menunggu, agar tidak terasa membosankan. Masyarakat kita, secara umum, jarang sekali yang menunggu dipakai dengan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. 
          Ada yang diisi dengan mengobrol. Pada suatu saat terjadilah percakapan antara dua orang ibu-ibu yang sedang menunggu anaknya bermain di sebuah arena bermain. "Huh anakku tuh gak pernah diam, lari sana, lari sini", begitu kata si ibu yang berbaju dengan necis, kelihatan kalau ia cukup memperhatikan penampilan. "O gitu, emang anak ibu bintangnya apa? Mungkin bintangnya pisces ya, jadi gerak terus kaya ikan, kalau anakku shi bintangnya scorpio, jadi berbeda dengan anak ibu".... walah cape deh ngobrolin  tentang bintang yang dihubungkan dengan perilaku seseorang, begitu yang terpikir dalam hati. 
          Fenomena lain yang saat ini yang banyak dilakukan oleh orang sementara menunggu yaitu diisi dengan memegang gadget terutama (HP) Hand Phone, berteman dengan benda mati, tidak saling menyapa dan mengenal orang lain. Asyik dengan dirinya sendiri sambil berteman dengan orang lain di dunia maya. 
          Pernah juga memperhatikan orang menunggu di suatu ruang tunggu dengan mengisi Teka Teki Silang (TTS). Mungkin bagi orang itu mengisi TTS merupakan bagian dari mengisi waktunya, untuk mengasah otak. 
          Situasi lain yang terkait dengan menunggu adalah kemacetan di jalan. Banyak sekali waktu terbuang pada saat jalanan macet kalau tidak dimanfaatkan dengan baik. 
          Pada suatu saat di dalam sebuah kendaraan bis, ada pemandangan yang sangat  janggal, apa yang sedang dilakukan oleh seorang ibu? Ternyata di dalam bis yang bergerak itu, ada seorang ibu yang sedang menjahit, ya  tepatnya quilting. Terjadilah dialog dengannya, apa alasannya kok menjahit sambil mengendarai bis apakah tidak pusing, ternyata jawabannya luar biasa, menjahit  juga bisa dilakukan dalam kendaraan asalkan bukan yang rumit-rumit untuk mengisi waktu luang daripada bengong. Wow luar biasa. 
          Banyak hal yang bisa dilakukan kalau ada niat untuk mengerjakan, bila memiliki kesadaran untuk mengisi waktu luang dengan baik. Makanya salut sekali kalau ada orang yang memiliki mobil pribadi dan di sanalah diletakkan semua barang yang dibutuhkan pada saat menunggu, mobilnya bagaikan rumah yang berjalan. 
          Jadi, apabila akan bepergian, maka rencanakan dengan baik apakah ada waktu menunggu atau tidak, kalau ada saat menunggu kira-kira apa yang bisa dilakukan yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, bila kendaraaan mengalami kemacetan di jalan, maka manfaatkan waktunya, tidak hanya duduk sambil bengong.
          Sebetulnya banyak yang bisa dilakukan pada saat menunggu, seperti  membaca buku pengetahuan,  membaca Al Qur'an, menjahit, membuat ketrampilan tangan, mengetik di laptop, mengerjakan tugas administrasi, mencari ide-ide, menghafalkan Al Qur'an dll. Kalaupun mengobrol dengan orang lain sebaiknya dimanfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat,  baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Selamat berjuang.

No comments: